Keuntungan Memberikan Sampel Produk Secara Gratis Kepada Calon Pembeli

Rabu, 05 Juli 2017

Yang namanya produk baru tentu harus diperkenalkan dahulu kepada khalayak ramai. Promosi tiada henti harus dilakukan dari berbagai sektor baik offline maupun online. Tetapi apakah strategi semacam ini sudah cukup?

Jika Anda menginginkan hal yang lebih ada satu cara yang sebenarnya dianggap cukup ‘ekstrim’ untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat umum yakni dengan memberikan produk secara gratis atau cuma-cuma sebagai sample (percobaan penggunaan).

Cara semacam ini memang ampuh untuk kemudian Anda mendapatkan konsumen atau setidaknya ada banyak keuntungan lain secara tidak langsung yang akan Anda dapatkan. Ini bukan hanya sekedar cara promosi, namun juga memberikan kesempatan kepada calon konsumen untuk melakukan review sederhana setelah mencoba produk Anda.

Nah, berikut ini adalah beberapa keuntungan yang Anda dapatkan jika mau memberikan sampel produk gratis kepada calon pembeli:

Masyarakat mengetahui detail produk Anda

Jika hanya sekedar mempromosikan melalui selebaran atau lewat media sosial, masyarakat hanya akan melihat dari foto maupun dari video. Namun jika Anda memberikan sampel produk secara gratis dan langsung kepada calon konsumen, maka mereka benar-benar akan mengetahui detail produk Anda. Mereka akan bisa memegang, melihat secara langsung dan menggunakannya. Selebihnya jika merasa cocok pastinya order siap Anda dapatkan.

Merasakan manfaat

Sebagai contoh Anda menjual produk alat kesehatan, kemudian biarkanlah orang lain mencoba menggunakannya dalam beberapa saat. Mereka tentu akan merasakan manfaat dan dengan merasakan sendiri pastinya akan berbeda ketimbang jika mereka hanya membaca brosur. Apakah manfaat bisa langsung terasa ataukah memang produk Anda adalah produk yang tidak berfungsi dan tidak memberi manfaat.

Mendapatkan review

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, saat Anda memberikan sampel produk secara gratis hal yang seharusnya ditunggu-tunggu adalah review dari mereka yang sudah mencoba. Tanyalah kepada mereka, apakah produk tersebut bermanfaat, lalu apa kelebihannya, apa yang harus ditambahkan dan apa kekurangannya? Masukan, kritik dan saran dari orang yang pernah menggunakan adalah adalah yang paling tepat.

Bagaimana mungkin orang tahu apa kelebihan dan kekurangan produk Anda bila belum pernah mencoba? Mungkin Anda akan kaget jika yang mencoba sampel produk Anda ternyata adalah blogger, karena bisa-bisa ia langsung membuat artikel review di blognya. Jika produk Anda bagus tentu akan berdampak baik, namun jika produk Anda kurang bagus akan membuat dampak buruk setelah di review dan dibaca banyak orang.

Mengetahui kompetitor Anda

Kesempatan Anda jika memberikan sampel produk secara gratis, dimana Anda bisa mengetahui siapa kompetitor Anda. Mungkin Anda bisa menanyakan ‘adakah yang lebih bagus dari produk saya?’ atau tidak perlu ditanya mungkin orang yang Anda beri sampel produk akan langsung mengatakan ‘produk ini tidak lebih baik dari produk itu’.

Kesempatan Anda untuk bisa mengetahui mana produk yang lebih bagus, dan apa kekurangan produk Anda dibandingkan produk lain.

Strategi promosi terselubung

Bukankah ini sama saja Anda berpromosi ganda? Selain untuk mendapatkan review, maka ini semakin memperkenalkan produk Anda lebih cepat. Orang yang sudah merasakan atau mencoba produk Anda biasanya akan membicarakan dan memberitahu kepada rekan, saudara atau kerabatnya.

Sebuah keuntungan bagi Anda dan bisa saja mereka akan menuliskan di postingan media sosial. Sebagai contoh adalah status seperti ini: ‘kemarin saya dikasih sampel produk the kesehatan, rasanya pahit tapi bikin badan bugar dan kekebalan tubuh meningkat’.

Semakin meningkatkan penjualan


Ketimbang hanya memberikan foto dan video produk Anda, dengan memberikan sampel produk ternyata bisa meningkatkan penjualan secara drastis. Bukankah ini tujuan Anda?

Alasan banyak yang akan membeli bisa karena mereka benar-benar merasakan manfaat atau mungkin karena alasan lain seperti ingin membalas tindakan pemberian Anda atau bisa juga karena seseorang tersebut gengsi. Alasan yang paling bagus tentu adalah alasan pertama, yakni karena mereka merasakan manfaat baik dari produk Anda.

Lebih percaya diri


Setelah mendapatkan respon dan review dari orang yang sudah mencoba tentunya Anda akan lebih percaya diri jika akan memasarkan produk lebih luas jangkauannya. Pastinya setelah Anda melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas.



00.55