Pentingnya Email Bagi Kita di Jaman Digital Sekarang Ini

Email atau Elektronik email adalah salah satu layanan online yang harus dimiliki oleh masyarakat urban di jaman digital seperti sekarang ini. Email sudah menjadi sebuah identitas diri di dunia maya dan sekaligus alamat seseorang untuk dihubungi.

Selain sebagai identitas diri dan alamat di dunia maya, email selalu dibutuhkan ketika akan mendaftar di situs lainnya, misalnya media sosial Facebook, Twitter, dan layanan online lain. Mengirim email dan file digital sekarang ini sudah sangat mudah, bisa dilakukan melalui email.

Rasanya sangat aneh bila anak muda jaman sekarang tidak punya email ya.

Keuntungan Memiliki Email

Seharusnya tidak perlu dijelaskan lagi banyaknya keuntungan yang bisa kita dapatkan dari memiliki alamat email sendiri. Namun sebagai catatan saya, di sini saya ingin menjelaskan beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh para pengguna email, diantaranya adalah:

1. Kita bisa mengirim pesan dan file digital ke orang lain secara gratis
2. Kita tidak memerlukan perangko untuk mengirimkan email
3. Alamat email bisa didapatkan gratis
4. Email menjadi identitas digital seseorang
5. Email membuat kita mengenal teknologi lebih jauh
6. Dan keuntungan lainnya.

Memiliki Email Sendiri Itu Sangat Mudah

Sebenarnya untuk membuat alamat email untuk pribadi itu sangat mudah. Tinggal pilih salah satu layanan email gratis dari Gmail, Yahoo mail, dan Hotmail, lalu mendaftar. 

Bagi Anda yang kurang pede bikin email sendiri, Anda bisa membaca panduan cara membuat email yang ada di internet. Ada banyak sekali tutorialnya, tinggal pilih salah satu website saja.

Alamat email kita itu biasanya formatnya seperti ini; username@domain.com. Kalau kita bikin emailnya di Gmail, maka emailnya akan menjadi adikusuma@gmail.com (ini sekedar contoh). Penjelasannya: adikusuma adalah username dan gmail.com adalah nama domain penyedia email gratis.

Pendaftaran di Semua Situs Pasti Butuh Email


Seperti yang disebutkan di atas, email adalah identitas digital seseorang. Itulah alasannya mengapa setiap kali kita mendaftar di berbagai situs maka situs tersebut akan meminta alamat email.

Misalnya mendaftar di Facebook, pasti pihak Facebook meminta alamat email kita agar bisa mendaftar di media sosial tersebut. Selain media sosial, berbagai situs lainnya juga mengharuskan penggunanya memiliki alamat email agar bisa menggunakan layanan mereka, contohnya marketplace Tokopedia, atau Blogger.

Nah, sekarang Anda bisa melihat begitu pentingnya sebuah alamat email bagi  kita di jaman digital sekarang ini. Tidak punya email ibarat tidak punya rumah di dunia maya. Jadi, apakah Anda masih belum punya email?