Belajar 6 Cara Dan Tips Sukses Dari Lebah

Blog Motivasi |
motivasi , ilham , mencar ilmu dari binatang
Gambar: shutterstock.com/Rusty Dodson
Lebah ialah salah satu hewan yang memiliki keunikan tersendiri. Banyak hal yang bisa kita pelajari dari seekor lebah yang merupakan hewan yang memiliki banyak manfaat. Lalu , apa saja yang bisa kita pelajari dari kehidupan lebah? berikut penjelasan mengenai bagaimana kita bisa mencar ilmu dari lebah , dikutip dari Merdeka.com.

Cukup berdiri di depan sarang lebah dan mengamati makhluk pekerja keras itu , maka Anda akan menerima pelajaran jago wacana bagaimana menjadi sukses. Percaya tak percaya , itulah yang dikemukakan oleh seorang profesor di Tamil Tandu Agricultural University , Dr N Ganapathy.

Menurutnya , dengan mengadopsi sopan santun bekerja lebah , seorang pekerja , bahkan perusahaan , bisa menerima kesuksesan besar. Apa saja pelajaran yang bisa dipetik dari cara kerja lebah? berikut penjelasannya:

1. Pembagian tugas
Lebah memiliki lingkungan sosial yang terstruktur. Masing-masing lebah memiliki peran dan job desk masing-masing , serta menguasai perannya dengan baik. Secara genetik mereka diprogram untuk tidak menyalahi wilayah yang bukan merupakan wewenangnya. Jika seorang pekerja bisa mengetahui perannya dalam perusahaan dengan baik dan menguasai peran tersebut , maka kinerjanya akan meningkat dan perlahan mengantarkannya pada kesuksesan. Begitu juga jikalau perusahaan bisa menerapkan hal ini , maka tak akan ada konflik peran.

Meski memiliki peran berbeda-beda , kawanan lebah hanya memiliki satu tujuan yang sama. Begitu juga dengan perusahaan. Pemimpin harus bisa menjabarkan tujuan profesional secara terang , sehingga para karyawan dengan aneka macam macam peran gotong royong melangkah untuk satu tujuan pasti di masa depan.

2. Semangat kerja sama
Kerja sama bagi lebah lebih penting dibandingkan dengan kompetisi. Tak menyerupai yang ada ketika ini , dunia kerja sarat akan kompetisi , terutama pada perusahaan yang besar dan aktif. Banyak yang paranoid , seolah kedudukannya akan tergeser jikalau tak berkompetisi. Namun tidak bagi lebah. Mereka tahu bahwa mereka tak mungkin bisa mencapai tujuan seorang diri , sehingga mereka bekerja sama dan hidup secara rukun dengan rekannya.

Begitu juga dengan karyawan dan perusahaan. Menyatukan pengetahuan dan pengalaman , serta saling bekerja sama akan membuat pekerjaan menjadi efektif. Tak ada konflik yang terjadi. Masing-masing orang menghormati kontribusi dan peran dari rekannya.

3. Setia
Loyalitas ialah kunci kelangsungan hidup jangka panjang. Lebah setia terhadap pekerjaan yang mereka lakukan. Jika mereka membutuhkan waktu yang lama untuk mengambil madu dari satu bunga , maka mereka akan melakukannya terus-menerus. Pekerja yang baik juga harus setia pada pekerjaannya. Tak mudah berpaling dan tekun. Begitu juga karyawan yang bekerja untuk perusahaan harus setia terhadap aturan , menyerupai jam kerja.

4. Bekerja keras
Pernah melihat lebah madu bekerja? Lebah yang sedang bekerja akan terus-terusan bekerja dengan giat , seperti nasib kawanannya sedang dipertaruhkan di tangannya. Tak ada keberhasilan yang bisa diraih tanpa kerja keras dan ketekunan. mereka yang bermalas-malasan hanya akan semakin tertinggal dan tergeser oleh yang bekerja keras. Bekerja keras juga berarti bekerja secara profesional dan efektif dalam penggunaan waktu kerja.

5. Tepat waktu
Ketepatan waktu ialah sopan santun profesional umum yang tak jarang dilanggar oleh semua orang. Bagi lebah , tak boleh ada kata terlambat. Mereka bergantung pada matahari ketika mencari makan , sehingga lebah akan berangkat ketika matahari terbit dan pulang ketika matahari terbenam. sempurna waktu ialah cara lebah untuk menerima hasil optimal.

Begitu juga bagi pekerja atau karyawan perusahaan. Tepat waktu juga akan memperlihatkan hasil optimal sebab pekerja menggunakan waktunya dengan efektif. Selain itu dengan sempurna waktu , Anda tak akan mengalami stres sebab terlambat.

6. Kewajiban dulu , gres hak
Bagi lebah , kepentingan kawanannya ialah yang harus diutamakan terlebih dahulu , gres kemudian kepentingan pribadinya. Mereka bekerja mengambil madu untuk kepentingan kawanan. begitu juga dengan lebah yang bertugas menjaga sarang , semuanya dilakukan demi kepentingan kawanan. Mungkin terlihat tak menyenangkan sebab harus banyak berkorban.

Namun , dengan mendahulukan kepentingan kawanannya , sistem kerja lebah berjalan dengan lancar , sebab semua mengesampingkan ego pribadinya dan gotong royong membangun kawanannya. Coba bayangkan jikalau lebah penjaga tak mau menjaga sarang sebab egonya? Maka sarang dan seluruh kawanannya akan terancam rusak dan mati.

Nah , itu ia enam sopan santun kerja yang bisa dipelajari dari hewan lebah. Dengan menerapkan enam cara di atas , Anda akan semakin akrab dengan kesuksesan.