Fungsi Lain Smartphone Android yang Bisa Anda Maksimalkan

Namanya juga ponsel pintar (Smartphone), pastinya tidak akan ‘bodoh’. Sama seperti manusia pintar yang memiliki kemampuan untuk melakukan suatu pekerjaan dengan baik. Begitu juga ponsel pintar Android yang benar-benar luas biasa kemampuannya. Padahal bentuknya tidak lebih besar dari piring makan atau Anda lebih sulit memasukan televisi mini ke dalam saku ketimbang ponsel.

Bagi sebagian orang yang namanya smartphone ya untuk chatting, menelepon, bermain game, browsing internet dan berfoto-foto ria. Tetapi bagi Anda yang sudah mengetahui dan memahami fungsi unik dari Android tentu akan melakukan lebih dari itu. Pada akhirnya sangat percuma Anda membeli smartphone mahal tetapi hanya untuk bersosial media dan foto-foto saja.

Manfaatkanlah fitur yang ada, bahkan kami menyarankan semua fitur harus Anda coba minimal satu kali. Bagi Anda yang ingin tahu fungsi lain ponsel pintar Android, berikut ulasan selengkapnya:

Menjadi sumber internet bagi laptop

Tidak hanya sebagai penerima sambungan internet saja, Android juga bisa difungsikan sebagai sumber sambungan internet bagi perangkat lain khususnya sesama ponsel pintar maupun perangkat dekstop. Fitur yang digunakan adalah Hotspot Wi-Fi, bisa diakses melalui menu Setting atau Setelan, kemudian klik Selengkapnya,  dan pilih opsi Menambatkan & Hotspot Portable.
Segera aktifkan Hotspot Wi-fi.

Tetapi dengan catatan perangkat lain juga harus mengaktifkan fitur Wi-Fi juga dan haru seijin pemiliki smartphone karena adanya kode password. Terkadang fitur ini bisa menjadi alternatif ketika perangkat lain sedang tidak memiliki sambungan internet atau sedang tidak ada modem. Tidak perlu menggunakan kabel karena ini seperti Hotspot Wi-Fi pada umumnya yang Wireless.

Ponsel Android menjadi pengganti mouse

Mouse komputer atau laptop Anda rusak? Jangan cemas, manfaatkan ponsel Android Anda sebagai penggantinya. Bagaimana mungkin? Sangat mungkin, namanya juga ponsel pintar. Yang perlu dilakukan adalah mengunduh perangkat lunak untuk menjadikan Android sebagai mouse (alat navigasi). Ada banyak tersedia di Google Play, salah satunya adalah dengan aplikasi WiFi Mouse. Download aplikasinya untuk dipasangkan pada ponsel, kemudian download juga aplikasi kedua yang akan dipasangkan pada komputer/laptop bernama Mouse Server.

Aplikasi kedua bertindak sebagai receiver dengan fungsi sebagai Host Server. Yang terpenting adalah ponsel dan komputer Anda harus terhubung pada jaringan WiFi sama, dapat memanfaatkan Tethering Hotspot. Jalankan segera MouseServer pada Desktop komputer, kemudian pada Icon System Tray klik kanan, dan nantinya Anda akan mendapatkan IP Address yang menghubungkannya dengan Android. Cara menjalankannya dengan usapan layar sentuh.

Menghubungkan dengan media penyimpanan USB

Ingin mengupload foto ke media sosial lewat smartphone, tetapi data file masih ada di flashdisk atau harddisk? Mungkin cara populernya adalah mengcopy foto dari flashdisk ke komputer, kemudian dipindah ke smartphone. Terlalu repot sepertinya?
Nah, kali ini sudah tersedia yang namanya kabel adapter USB OTG yang dapat dipasangkan ke smartphone untuk menghubungkan langsung ke alat media penyimpanan seperti flasdisk maupun harddisk. Anda langsung bisa memindaahkan data file tanpa harus melalui proses dua kali.

Menjadi controller kamera digital

Pernahkah terpikirkan oleh Anda untuk memotret dengan kamera DSLR tetapi melalui ponsel pintar Android? Tidak terpikirkan pastinya. Ya, ternyata smartphone Anda bisa saja menjadi controller untuk kamera DSLR atau kamera yang kompatibel. Jadi Anda bisa memencet shutter, melihat hasil dan mengatur settingan dari smartphone.

Anda hanya perlu mengunduh aplikasi seperti WirelessMobileUtility, DSLR Controller, DSLR Remote atau aplikasi lain yang sejenis. Tetapi harus diingat bahwa fungsi aplikasi tersebut bisa dijalankan apabila kedua perangkat memiliki fitur pendukung. Sebagai conoh untuk mode release IR, mengharuskan kamera dan ponsel memiliki fitur IR (Infra Red). Atau untuk fungsi lebih, sebuah kamera harus memiliki fitur built-in LAN nirkabel atau adaptor nirkabel.

Menonton TV

Sedang bosan menunggu dan butuh hiburan? Kebetulan di area Anda sedang ada jaringan WiFi gratis, cobalah untuk mendapatkan informasi atau hiburan dengan menonton TV. Bukan menumpang, tetapi dengan memanfaatkan ponsel Anda. Cukup dengan mengunduh beberapa aplikasi penyedia saluran televisi seperti Mivo, Usee TV atau Indo Streaming TV. Dipastikan Anda akan mendapatkan hiburan gratis dengan syarat sambungan internet lancar.

Masih banyak lagi fitur lain yang dapat Anda manfaatkan dari ponsel Android. Jadi bukan hanya untuk chat, menonton YouTube atau bermain game saja.